LAPORAN
PRAKTEK
KERJA INDUSTRI (PRAKERIN)
TAHUN AJARAN
2014 / 2015
MERAKIT PERSONAL KOMPUTER
DAN
DESAIN GRAFIS
DAN
DESAIN GRAFIS
DISUSUN OLEH
:
M.AGUS MUSTOFA
NIS: 9968/802/923
YAYASAN AL MUTTAQIEN
SMK QUEEN AL FALAH
Bidang Keahlian: Teknologi Informasi
danKomunikasi
Program Keahlian: Teknik Komputer dan
Informatika
IZIN
OPERASIONAL : 414.44/620/418.47/2011. NPSN : 20574699, NSS. 324051303036
PLOSO MOJO PO BOX 121 KEDIRI TELP/FAX (0354) 4520550 – 479616
HALAMAN
PENGESAHAN
LAPORAN
PRAKTEK
KERJA INDUSTRI (PRAKERIN)
TAHUN AJARAN
2014 / 2015
M.AGUS MUSTOFA
KELAS XI TKJ D
Telah
diperiksa dan disahkan pada tanggal 24 Maret 2015
Mengetahui,
Ketua Prakerin
Nurul
Mutaqin, S.Hum, S.Pd
|
Pembimbing
Sadam Al
Amin, S.Kom
|
Menyetujui,
Kepala
Sekolah
Agus
Amroni, M.Pd
|
Kata Pengantar
Puji syukur kami panjatkan Kehadirat Tuhan Yang Maha
Esa atas petunjuk, rahmat, dan hidayah-Nya penulis dapat menyelesaikan laporan
pelaksanaan Praktek Kerja Industri (PRAKERIN) tanpa ada halangan apapun sesuai
dengan waktu yang telah ditentukan. Laporan ini disusun berdasarkan pengalaman
dan ilmu yang saya peroleh selama melaksankan Praktek Kerja Industri (PRAKERIN).
Laporan Pelaksanaan Praktek Kerja Industri (PRAKERIN)
yang telah saya tulis ini dibuat dalam rangka memenuhi tugas dari sekolah dan
sebagai bahan pertanggung jawaban atas kegiatan Praktek Kerja Industri
(PRAKERIN). Saya menyadari bahwa laporan ini tidak akan tersusun dengan baik
tanpa adanya bantuan dari pihak-pihak terkait. Oleh karena itu, pada kesempatan
ini tidak lupa saya juga mengucapkan banyak terima kasih kepada semua pihak
yang telah membantu saya dalam PRAKERIN maupun dalam saya menyusun laporan ini,
antara lain:
1.
Bapak Agus
Amroni, M.Pd.Selaku Kepala Sekolah SMK Queen Al Falah.
2.
Seluruh panitia Prakerin SMK Queen al Falah yang selama 3 bulan dan membantu kami dalam melaksanakan kegiatan di SMK Queen Al Falah.
3.
Bapak Sadam Al amin, selaku pembimbing Praktek Kerja Industri
(PRAKERIN) yang membantu dalam melaksanakan kegiatan. Setia mendorong
dan memotivasi selama penyusun Laporan Praktek Kerja Industri (PRAKERIN).
4.
Orang tua
yang selalu mendukung kami baik moriil
dan spirituil.
Selueuh instruktur / pendamping yang telah memberikan wawasan pengetahuan dan ilmu yang bermanfaat dan selalu sabar mendamp[ingi kami selama kegaitan prakerin tahun ini.
Selueuh instruktur / pendamping yang telah memberikan wawasan pengetahuan dan ilmu yang bermanfaat dan selalu sabar mendamp[ingi kami selama kegaitan prakerin tahun ini.
5.
Teman-teman yang setia membatu dalam penyusunan Laporan Praktek Kerja Industri (PRAKERIN)
ini.
6.
Dan semua pihak
yang telah ikut serta memberiakan bantuan dan dorongan dalam proses penyelesaian laporan ini.
Saya sadar bahwa laporan ini masih jauh dari sempurna, oleh karena itu kritik
dan saran yang membangun sangat
saya harapkan, demi kesempurnaan laporan ini. Akhir kata
saya mohon maaf yang seikhlas-ikhlasnya apabila dalam laporan ini banyak
kesalahan. Semoga bermanfaat bagi saya sendiri dan bagi pembaca. Amin
Kediri , 25 Maret
2015
M.AGUS
MUSTOFA
Daftar Isi
Sampul luar (Format terlampir) ......................................................................
1
Lembar Pengesahan Laporan (Format terlampir) 2
Kata Pengantar (Laporan)
3
Daftar Isi .......................................................................................................
5
BAB I
PENDAHULUAN 6
1.1
Latar
Belakang
Prakerin
...................................................................... 6
1.2 Tujuan Prakerin ..................................................................................
6
BAB II
PERENCANAAN KERJA ...........................................................................
7
2.1 Merakit personal komputer
7
2.2 Melakukan instalasi sistimoperasi dasar
8
2.3 Menerapkan fungsi peripheral dan
instalasi PC .................................. 11
2.4 Melakukan perbaikan dan setting ulang sistem PC ..............................
12
2.5 Melakukan perbaikan peripheral
13
2.6 Sablon ..................................................................................................
14
2.7 Desain
Grafis ........ 14
2.8 Kunjungan
DU/DI ke STIMIK AMIKOM
16
B A B III
PELAKSANAAN KERJA..............................................................................
20
3.1 Kegiatan prakerin/Pkl........................................................................... 20
3.1 Kegiatan prakerin/Pkl........................................................................... 20
3.2 Pembahasan
24
3.3Hambatan
dan
cara
Penyelesaian...........................................................
24
3.4 Rencana
Tindak
lanjut.......................................................................... 25
BAB IV
PENUTUP
26
4.1Kesimpulan
26
4.2
Saran-saran ...........................................................................................
26
4.3
Kesan dan pesan.................................................................................... 27
BAB
I
PENDAHULUAN
1.1 Latar
Belakang Prakerin
Praktek Kerja Indutri
(PRAKERIN) adalah suatu bentuk penyelenggaraan dari sekolah yang memadukan
secara sistematik dan sinkron antara program pendidikan di sekolah dan program
pengusahaan yang diperoleh melalui kegiatan bekerja langsung di dunia kerja
untuk mencapai suatu tingkat keahlian profesional. Dimana keahlian profesional
tersebut hanya dapat dibentuk melalui tiga unsur utama yaitu ilmu pengetahuan,
teknik dan kiat. Ilmu pengetahuan dan teknik dapat dipelajari dan dikuasai
kapan dan dimana saja kita berada, sedangkan kiat tidak dapat diajarkan tetapi
dapat dikuasai melalui proses mengerjakan langsung pekerjaan pada bidang
profesi itu sendiri. Pendidikan Sistem Ganda dilaksanakan untuk memenuhi
kebutuhan tenaga kerja yang profesional dibidangnya. Melalui Pendidikan Sistem
Ganda diharapkan dapat menciptakan tenaga kerja yang profesional tersebut.
Dimana para siswa yang melaksanakan Pendidikan tersebut diharapkan dapat
menerapkan ilmu yang didapat dan sekaligus mempelajari dunia industri. Tanpa
diadakannya Pendidikan Sistem Ganda ini kita tidak dapat langsung terjun ke
dunia industri karena kita belum mengetahui situasi dan kondisi lingkungan
kerja.
1.2 Tujuan
Prakerin
Melalui pendekatan pembelajaran ini peserta diharapkan:
Melalui pendekatan pembelajaran ini peserta diharapkan:
a. Dapat
menyesuaikan diri dengan lingkungan dunia kerja.
b. Memiliki
tingkat kompetensi terstandart sesuai dunia kerja.
c. Menjadikan
tenaga kerja yang berwawasan mutu, kewirausahaan, dan produktif.
BAB II
PERENCANAAN KERJA
2.1
Merakit Personal Komputer
1. Persiapan
Persiapan
yang baik akan memudahkan dalam perakitan komputer serta menghindari
permasalahan yang mungkin timbul. Hal yang terkait dalam persiapan meliputi :
Penentuan
konfigurasi
Konfigurasi komputer terkait dengan penentuan
jenis komponen dan fitur dari komputer serta bagaimana seluruh komponen dapat
bekerja sebagai sebuah sistem komputer sesuai keinginan kita. Penentuan
komponen dimulai dari jenis prossesor, motherboard, lalu komponen lainnya.
Faktor kesesuaian atau kompatibilitas dari komponen terhadap motherboard harus
diperhatikan, karena setiap jenis motherboard mendukung jenis prossesor, modul
memory, dan I/O bus yang berbeda-beda.
Persiapan
Komponen dan Perlengkapan
Komponen
komputer beserta perlengkapan untuk perakitan dipersiapkan terlebih dahulu
untuk memudahkan perakitan. Perlengkapan yang disediakan terdiri dari :
Komponen
komputer.
Perlengkapan komponen seperti kabel, sekerup, jumper, baut.
Buku manual dan referensi dari komponen.
Alat bantu berupa obaeng pipih dan philips
Perlengkapan komponen seperti kabel, sekerup, jumper, baut.
Buku manual dan referensi dari komponen.
Alat bantu berupa obaeng pipih dan philips
Software sistem operasi, device
driver dan program aplikasi. Buku manual diperlukan sebagai rujukan untuk
mengetahui diagram posisi dari element koneksi(konektor, port, dan slot) dan
element konfigurasi(jumper dan switch) beserta cara setting jumper dan switch
yang sesuai dengan komputer yang dirakit. Disket atau CD software diperlukan
untuk menginstal sistem operasi, device driver dari piranti, dan program
aplikasi pada komputer yang selesai dirakit.
2. Pengamanan
Tindakan pengamanan diperlukan untuk menghindari masalah seperti kerusakan
komponen oleh muatan listrik statis, jatuh, panas berlebihan atau tumpahan
cairan. Pencegahan kerusakan karena listrik statis dengan cara :
·
Menggunakan gelang anti statis atau menyentuh permukaan logam pada cesing
sebelum memegang komponen untuk membuang muatan statis.
·
Tidak menyentuh langsung komponen elektronik, konektor
atau jalur rangkaian tetapi memegang pada badan logam atau plastik yang
terdapat pada komponen.
Cara merakit komputer bukanlah
hal yang sulit untuk dilakukan seperti yang banyak dikatakan orang-orang.
Bahkan, merakit komputer bisa menjadi hal yang menyenangkan, karena bisa
dikatakan seperti bermain puzzle. Namun, sebelum kita melakukan perakitan
komputer, kita harus mempersiapkan terlebih dahulu komponen-komponen dari
komputer yang akan kita rakit. Berikut ini adalah komponen-komponen yang akan
digunakan dalam merakit komputer :
o
Motherboard
o
Casing
o
Power Supply
o
Processor
o
RAM
2.2
Melakukan Instalasi Sistem Operasi Dasar
Windows merupakan system operasi yang diluncurkan oleh
Microsoft Corporation sebagai salah satu sistem operasi yang paling baik,
karena system operasi Windows XP memiliki beberapa kelebihan yakni :
Mudah dalam
Installasi.
1.
Sangat baik dalam pendeteksian serta penginstallan
driver.
2.
Mendukung penggunaan peripheral penyimpan data seperti
: flashdisk, ipod, mplayer, dll.
Peralatan
1. Unit
Personal Komputer
2. CD/DVD
Instalasi Windows XP
Langkah
Kerja
a. pertama
nyalakan komputer, kemudian tekan kombinasi tombol untuk masuk ke menu utama
BIOS. (biasanya dengan menekan tombol F2 atau Delete pada keyboard)
b. setelah
masuk ke menu utama BIOS, langkah selanjutnya adalah ubah first boot komputer
dari Harddisk atau yang lainnya ke CD-ROM. Caranya masuk ke menu Boot, lalu
pada 1st Boot Device ganti dengan CD-ROM. Setelah itu masukkan CD instalasi
Windows Windows XP ke CD-ROM
c. kemudian
simpan konfigurasi BIOS dengan cara menekan tombol F10 pada keyboard, kemudian
pilih (yes) untuk menyimpan konfigurasi lalu enter, kemudian komputer pun akan
merestart
d. setelah
komputer selesai merestart, maka akan ada tampilan“press any key to boot from
CD...” (gambar 4). Tekan tombol apa saja pada keyboard untuk melanjutkan.
Setelah itu akan ada tampilan”setup is inspecting your computer’s hardware
configuration...”(gambar 5). Pada bagian ini anda harus tunggu sebentar, karena
Windows sedang mendeteksi konfigurasi dari hardware yang kita gunakan
e. setelah itu
masuk ke bagian Windows Setup. Tunggu sebentar untuk melanjutkan
f. pada bagian
ini tekan Enter untuk menginstall Windows tekan F8 untuk melanjutkan proses
instalasi
g. sekarang
anda akan masuk ke bagian partisi Harddisk. Tekan C untuk membuat partisi pada
Harddisk
h. pada bagian
ini masukkan kapasitas Harddisk sesuai dengan yang anda inginkan.
Tetapi jika
anda hanya ingin membuat 1 partisi, tekan Enter saja
i. sekarang
Harddisk telah di partisi. Langkah selanjutnya adalah tekan Enter untuk
menginstall Windows XP Professional
k. setelah itu
partisi yang tadi kita gunakan untuk menginstall windows XP Professional akan
di format
l. selanjutnya
komputer akan mengcopy data. Tunggu hingga loading selesai
m. pada bagian
ini tunggu sebentar untuk melanjutkan proses instalasi
n. setelah itu
komputer akan meminta untuk Restart. Tekan Enter untuk merestart komputer
o. setelah
selesai merestart komputer akan loading Windows lalu melanjutkan proses
instalasi seperti gambar dibawah ini
p. pada
“Regional and Languages Options” klik Next
q. pada
“Personalize Your Software” masukkan nama dan organisasi kita, lalu klik Next
r. setelah itu
pada “your Product Key” masukkan CD Key atau Serial Number Windows XP
Professional (FCKGW-RHQQ2-YXRKT-8TG6W-2B7Q8). Biasanya terdapat pada kemasan CD
Windows XP yang kita beli. Setelah selesai dimasukkan, klik Nexs. Pada
“Computer Name and Administrator Password” masukkan password untuk
Administrator, tapi jika tidak mau diberikan password klik Next saja untuk
melanjutkan
s. Pada ”Date
and Time Settings”, ubah Date&Time dan Time Zone sesuai dangan waktu dan
tempat dimana kita berada. Jika sudah diubah klik Next
t. kemudian
komputer akan melanjutkan loading
u. pada
”Networking Settings”, pilih Typical Settings, kemudian klik Next untuk
melanjutkan
v. pada
”Workgroup or Computer Domain”, pilih No, kemudian klik Next
w. kemudian komputer
akan melanjutkan loading.
x. setelah
selesai loading, komputer akan merestart secara otomatis, lalu akan loading
Windows XP Professional untuk pertama kalinya.
2.3
Menerapkan Fungsi Peripheral Dan Instalasi PC
1. Peripheral utama (main
peripheral)
Yaitu peralatan yang harus ada
dalam mengoperasikan komputer. Contoh periferal utama yaitu: monitor, keyboard
dan mouse.
2. Peripheral pendukung
(auxillary peripheral)
Yaitu peralatan yang tidak mesti
ada dalam mengoperasikan komputer tetapi diperlukan untuk kegiatan tertentu.
Contohnya yaitu: printer, scanner, modem, web cam dan lain-lain. Sedangkan
berdasarkan proses kerjanya dalam mendukung pengoperasian komputer terbagi
menjadi:
1.
Perangkat masukan (input)
2. Perangkat keluaran (output)
Berikut
ini contoh jenis peripheral dengan berbagai tugasnya:
KEYBOARD
Berbentuk mirip mesin ketik yang
berisi huruf, angka, simbol-simbol khusus serta tombol-tombol fungsi. Gunanya
untuk memberi perintah kepada komputer dengan cara menuliskannya atau menekan
kombinasi beberapa tombol. Saat ini sejumlah perusahaan seperti Microsoft dan
Logitech sudah membuat keyboard tanpa kabel (wireless) yang menggunakan
pancaran infrared ataupun radio frequency.
MOUSE
Alat yang mirip tikus dan terdiri dari
dua atau tiga tombol, berfungsi untuk mengendalikan kursor/pointer dilayar
monitor dengan cara menggerakkannya maju, mundur atau kesamping. Untuk versi
lama, didalamnya terdapat bola karet yang akan menggerakkan roda-roda kecil,
yang akan mengatur gerakan kursor/pointer. Sekarang mouse tidak menggunakan
bola karet lagi, tetapi menggunakan sinar ataupun laser, biasanya disebut
optical mouse atau laser mouse. Mouse biasanya dilengkapi scrolling button untuk memudahkan
bergerak
turun/naik dilayar monitor. Mouse juga bisa digunakan untuk memainkan game. Kini mouse wireless juga sudah banyak diproduksi.
turun/naik dilayar monitor. Mouse juga bisa digunakan untuk memainkan game. Kini mouse wireless juga sudah banyak diproduksi.
2.4
Melakukan Perbaikan Dan Setting Ulang
Sistem PC
Untuk
mencari atau menentukan jenis kerusakan yang ada pada PC diperlukan pemeriksaan
terhadap kondisi hardware pada komputer.Pemeriksaan ini meliputi : POST
(Power-On Self-Test), diagnosa umum (routine), dandiagnosa mencari dan
memecahkan kerusakan.
Dari hasil
pemeriksaan ini maka akan diketahui lokasi kerusakan dan jenis komponen yang
rusak untuk kemudian dilakukan perbaikan terhadap bagian yang mengalami
kerusakan tersebut.
1. Troubleshooting Motherboard
a). Permasalahan yang mungkinterjadi
Sistem komputer terdiri dari motherboard, power
supply, floppy drives, monitor, keyboard, dan beberapa peralatan yang terhubung
melalui konektor dan kabel. Masalah dalam satu peralatan akan berpengaruh
terhadap operasi peralatan lainnya dan kadang-kadang mengganggu sistem
operasi. Pengecekan berikut akan membantu memecahkan masalah.
·
‹ Cek
sambungan kabel power supply utama dan kabel tegangan DC.
·
‹ Cek
sambungan kabel keyboard.
·
‹ Cek
sambungan kabel monitor dan kabel daya monitor.
·
‹ Cek
konfigurasi setting CMOS ‹ Cek sambungan kabel power dan kabel data drive.
·
‹ Cek semua
daughter board atau card yang terpasang pada slot I/O
·
‹ Cek
sambungan saklar reset
·
‹ Cek posisi
kunci keyboard
·
‹ Cek semua
IC yang terpasang
·
‹ Cek disket
boot di drive A
·
‹ Cek
sambungan speaker
Setelah semua pengecekan dilakukan, hidupkan
saklar power dan cari pesan kesalahan POST.Dari pesan POST permasalahan dapat
dilokalisir dan diperbaiki.Ketika POST tidak dapat berjalan, maka masalah
terjadi pada motherboard dan rangkaian didalamnya.Dengan mengecek signal pada
slot I/O masalah kerusakan pada motherboard dapat di identifikasi sebab semua
signal CPU terhubung ke slot I/O.
2.5
Melakukan Perbaikan Peripheral
Pada
pembahasan ini akan dipublikasikan berbagai hal penting dalam tahap perbaikan
periferal yang diantaranya adalah sebagai berikut:
A. Mempersiapkan alat-alat bantu yang digunakan untuk
perbaikan,
B. Mendiagnosa kerusakan-kerusakan yang terjadi,
C. Menemukan bagaimana cara melakukan perbaiakan periferal tersebut,
D. Melakukan perbaikan periferal.
B. Mendiagnosa kerusakan-kerusakan yang terjadi,
C. Menemukan bagaimana cara melakukan perbaiakan periferal tersebut,
D. Melakukan perbaikan periferal.
Sebelum
melakukan perbaikan periferal, maka perlu disusun langkah-langkah persiapan
perbaikan, yaitu sebagai berikut:
1.
Menyiapkan perbaikan periferal
2.
Melakukan perbaikan periferal
3.
Memeriksa hasil perbaikan periferal
Menyiapkan perbaikan periferal
Untuk melakukan perbaikan periferal, maka dibutuhkan beberapa
alat bantu atau tools-kit, yaitu sebagai berikut:
1. Obeng
2. Tang
3. Kuas
4. Kain Kering atau Tisu dan Cairan Pembersih
5. Penyedot Debu Mini / Vacum Cleaner.
2.6
Sablon
Sering
kita amati berbagai poster baliho atau bahkan stiker yang menempel di beberapa
tempat yang sering kita lalui . Dan tak lain adalah sebuah iklan tentang
promosi sablon , misalkan saja jasa cetak undangan ,jasa cetak kaos ,dan lain
sebagainya . Beberapa di antara orang awam menilai bahwa sablon (tekhnik
menyablon itu sulit) ,padahal itu sangatlah mudah dan bisa di pelajari . Jika
kita sungkan bertanya pada tukang sablon atau teman yang mempunyai usaha
sablonan ,jangan khawatir ,di sini akan saya ungkap tentang cara / tekhnik
membuat sablon tanpa ribet . sebelumnya ada beberapa poin penting yang bisa di
jadikan sumber inspirasi untuk kamu yang ingin berwiraswasta membangun sebuah
usaha kecil kecilan.
BISNIS
. Sangat lah menjanjikan jikalau kamu mempunyai ide untuk membuat sebuah usaha
home industri di mana modal yang akan kita pergunakan untuk memulai usaha
tersebut sangatlah minim . Kamu bisa inspirasikan bahwa hal ini sangatlah pas
untuk pekerjaan saat ini buat mu . Kebutuhan setiap manusia sangat menumpuk dan
mempunyai jenjang tersendiri dan berbeda beda nasib tentu nya . Di sela sela
sebuah kesuksesan yang akan kita raih nanti,sudah pasti setiap manusia
membutuhkan peran orang lain untuk memaksimalkan kualitas kehidupan mereka .
Berdasarkan kronologi tersebut bisa kita simpulkan bahwa setiap orang pasti
akan membutuhkan jasa sablon . Dari mulai anak kecil sampai dewasa dan lanjut
usia ada beberapa contoh kenapa kepastian kebutuhan untuk membutuhkan kasa
sablon sudah menjadi bagian dari keharusan di abad sekarang ini . Kamu bisa
investasikan kesimpulan contoh yang kamu pikirkan .Jadi jangan khawatir kalau
bisnis ini akan gagal . Asalkan tetap semangat.
2.7
Desain Gerafis
Desain grafis
adalah suatu bentuk komunikasi visual yang menggunakan gambar untuk
menyampaikan informasi atau pesan seefektif mungkin. Dalam desain grafis, teks
juga dianggap gambar karena merupakan hasil abstraksi simbol-simbol yang bisa dibunyikan.
Desain grafis diterapkan dalam desain komunikasi dan fine art. Seperti jenis
desain lainnya, desain grafis dapat merujuk
kepada proses pembuatan, metoda merancang, produk yang dihasilkan (rancangan), atau pun disiplin ilmu yang digunakan (desain).
kepada proses pembuatan, metoda merancang, produk yang dihasilkan (rancangan), atau pun disiplin ilmu yang digunakan (desain).
Seni
desain grafis mencakup kemampuan kognitif dan keterampilan visual, termasuk di
dalamnya tipografi, ilustrasi, fotografi, pengolahan gambar, dan tata letak.
Batasan Media
Batasan Media
Desain
grafis pada awalnya diterapkan untuk media-media statis, seperti buku, majalah,
dan brosur. Sebagai tambahan, sejalan dengan perkembangan zaman, desain grafis
juga diterapkan dalam media elektronik, yang sering kali disebut sebagai desain
interaktif atau desain multimedia.
Batas
dimensi pun telah berubah seiring perkembangan pemikiran tentang desain. Desain
grafis bisa diterapkan menjadi sebuah desain lingkungan yang mencakup
pengolahan ruang.
Prinsip dan unsur desain
Unsur dalam desain grafis sama seperti unsur dasar dalam disiplin desain lainnya. Unsur-unsur tersebut (termasuk shape, bentuk (form), tekstur, garis, ruang, dan warna) membentuk prinsip-prinsip dasar desain visual. Prinsip-prinsip tersebut, seperti keseimbangan (balance), ritme (rhythm), tekanan (emphasis), proporsi ("proportion") dan kesatuan (unity), kemudian membentuk aspek struktural komposisi yang lebih luas.
Unsur dalam desain grafis sama seperti unsur dasar dalam disiplin desain lainnya. Unsur-unsur tersebut (termasuk shape, bentuk (form), tekstur, garis, ruang, dan warna) membentuk prinsip-prinsip dasar desain visual. Prinsip-prinsip tersebut, seperti keseimbangan (balance), ritme (rhythm), tekanan (emphasis), proporsi ("proportion") dan kesatuan (unity), kemudian membentuk aspek struktural komposisi yang lebih luas.
Peralatan desain grafis
Peralatan yang digunakan oleh desainer grafis adalah ide, akal, mata, tangan, alat gambar tangan, dan komputer. Sebuah konsep atau ide biasanya tidak dianggap sebagai sebuah desain sebelum direalisasikan atau dinyatakan dalam bentuk visual.
Peralatan yang digunakan oleh desainer grafis adalah ide, akal, mata, tangan, alat gambar tangan, dan komputer. Sebuah konsep atau ide biasanya tidak dianggap sebagai sebuah desain sebelum direalisasikan atau dinyatakan dalam bentuk visual.
Pada
pertengahan 1980, kedatangan desktop publishing serta pengenalan sejumlah
aplikasi perangkat lunak grafis memperkenalkan satu generasi desainer pada
manipulasi image dengan
komputer dan penciptaan image 3D yang sebelumnya adalah merupakan kerja yang susah payah. Desain grafis dengan komputer memungkinkan perancang untuk melihat hasil dari tata letak atau perubahan tipografi dengan seketika tanpa menggunakan tinta atau pena, atau untuk mensimulasikan efek dari media tradisional tanpa perlu menuntut banyak.
komputer dan penciptaan image 3D yang sebelumnya adalah merupakan kerja yang susah payah. Desain grafis dengan komputer memungkinkan perancang untuk melihat hasil dari tata letak atau perubahan tipografi dengan seketika tanpa menggunakan tinta atau pena, atau untuk mensimulasikan efek dari media tradisional tanpa perlu menuntut banyak.
Seorang
perancang grafis menggunakan sketsa untuk mengeksplorasi ide-ide yang kompleks
secara cepat, dan selanjutnya ia memiliki kebebasan untuk memilih alat untuk
menyelesaikannya, dengan tangan atau komputer.
2.8 Kunjungan DU/DI ke STIMIK
AMIKOM
SEJARAH BERDIRINYA STIMIK AMIKOM YOGYAKARTA
Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan
Komputer AMIKOM Yogyakarta (selanjutnya disebut STMIK AMIKOM YOGYAKARTA) merupakan
salah satu perguruan tinggi swasta yang berkedudukan di Provinsi DIY Kabupaten Sleman
di bawah naungan Yayasan AMIKOM Yogyakarta.STMIK AMIKOM YOGYAKARTA adalah
sebuah perguruan tinggi hasil pengembangan dari Akademi Manajemen Informatika
dan Komputer "AMIKOM YOGYAKARTA". AMIKOM Yogyakarta sebagai lembaga
pendidikan tinggi yang didirikan berdasarkan keputusan Menteri Pendidikan dan
Kebudayaan Republik Indonesia No. 084/D/O/1994 tentang Pemberian Status
Terdaftar kepada Jurusan / Program Studi untuk Jenjang Program Studi D-III pada
AMIKOM Yogyakarta di DIY dan bernaung di bawah Yayasan "AMIKOM
YOGYAKARTA”.
AMIKOM Yogyakarta
memiliki Program Studi Manajemen Informatika dan Teknik Informatika. Program
studi ini masing-masing dikelola oleh seorang Ketua Jurusan dan Sekretaris
Jurusan yang didukung oleh Perangkat Dosen, dan Staff Administrasi.Secara
keseluruhan lembaga akademik saat itu dipimpin oleh seorang Direktur dibantu
oleh beberapa Pembantu Direktur, Pelaksana Akademik, Unsur Pelaksana
Administratatif, Unit Pelaksanaan Teknis, Unsur Penelitian dan Pengembangan dan
beberapa unsur pendukung lainnya.Pada tahun 2002, program D-3 Manajemen
Informatika telah di Akreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional
Perguruan Tinggi dengan SK BAN PT Nomor: 010/BAN-PT/Ak-I/Dpl-III/VIII/2002 dan mendapatkan akreditasi A.Seiring dengan kemajuan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dan sekaligus untuk memenuhi kebutuhan tenaga ahli yang memahami dan terampil di bidang tersebut, maka AMIKOM menambah program S-1, dan berubah menjadi STIMIK AMIKOM YOGYAKARTA.
Perguruan Tinggi dengan SK BAN PT Nomor: 010/BAN-PT/Ak-I/Dpl-III/VIII/2002 dan mendapatkan akreditasi A.Seiring dengan kemajuan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dan sekaligus untuk memenuhi kebutuhan tenaga ahli yang memahami dan terampil di bidang tersebut, maka AMIKOM menambah program S-1, dan berubah menjadi STIMIK AMIKOM YOGYAKARTA.
Berdasarkan Surat
Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia tanggal 24 April 2002,
Nomor. 75/D/O/2002 tentang Pemberian Ijin Penyelenggaraan Program-Program Studi
dan Pendirian Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) AMIKOM
Yogyakarta di DIY (Perubahan bentuk dari AMIKOM) yang diselenggarakan oleh
Yayasan AMIKOM Yogyakarta di DIY.Berdasarkan Surat Keputusan tersebut, STMIK
AMIKOM YOGYAKARTA diberi ijin untuk menyelenggarakan program studi:
1.
Sistem Informasi untuk jenjang Program Sarjana (S1)
2.
Manajemen Informatika untuk jenjang Program Diploma - III (D-3)
3.
Teknik Informatika untuk jenjang Program Diploma-III (D-3)
Penyelenggaraan Program Studi Sistem Informasi untuk jenjang
Program Sarjana (S1) secara khusus didukung oleh Departemen Pendidikan
Nasional, dengan surat Direktur Jendral Pendidikan Tinggi Nomor: 2704/D/T/2004
perihal Perpanjangan Ijin Penyelenggaraan Program Studi pada STMIK AMIKOM
YOGYAKARTA.
Badan Hukum
|
:
|
Yayasan AMIKOM Yogyakarta
|
Berdiri
|
:
|
11 Oktober 1994
|
Akte Pendirian
|
:
|
17 April 2008
|
Alamat
|
:
|
Jalan Ring Road Utara Condong Catur
Depok-Sleman
|
Telpon
|
:
|
0274 - 884201 – 204
|
Faksimili
|
:
|
0274 – 884208
|
Website
|
:
|
|
Email
|
:
|
2. GAMBARAN UMUM STMIK AMIKOM
STMIK AMIKOM merupakan
sekolah tinggi manajemen informatika dan komputer perangkat I di Indonesia
berdasarkan jumlah mahasiswa.STMIK AMIKOM memiliki dan menyediakan beberapa
laboratorium,diantaranya:
1.
Lab.Broadcasting
Laboratorium broadcasting dengan system NonLinier editing standar .
Laboratorium broadcasting dengan system NonLinier editing standar .
2.
Lab.Internet dan E-Commerce Perguruan tinggi
komputer yang mempunyai koneksi jaringan Hot Spot dengan menggunakan Wifi
pertama di kopertis wilayah anah V.
pertama di kopertis wilayah anah V.
3.
Lab.Komputer Dasar dan Aplikasi Lap komputer dasar dan aplikasi
terdiri dari 160 unit komputer.
4.
Lap.Jaringan Komputer dan Sistem Oprasi Lab jaringan yang memiliki komputer canggih dengan SO paling
lengkap.
Pelajaran yang
didapat di STIMIK AMIKOM YOGYAKARTA
Pada saat kami
berkunjung ke STIMIK AMIKOM YOGYAKARTA yang dilaksanakan hari kamis, tanggal 5
maret 2015 ini membuahkan banyak wawasan, salah satunya adalah animasi, dimana
disana sudah merilis satu film animasi yang mendunia yang dimulai pada tahun
2008 pembuatanya, judul film tersebut adalah “ THE BATTLE OF SURABAYA “ yang
akan ditayangkan akhir agustus 2015 mendatang. Selain itu ini mempunyai 8
gedung yang mana pada gedung 1 dan 3 adalah servernya, kami disana mendapat
pelajaran diantaranya adalah:
1. Mengetahui
lebih banyak mengenai animasi,
2. Segala
hal itu butuh proses,
3. Berani
menang berani susah,
4. Pengetahuan
tentang komputer dan jaringan tidak sampai disini,
5. Teknologi
pasti terus berkembang.
Barangkali memang inovasi itu sudah
tentu timbul dari suatu masalah, disana juga membuat robot-robot canggih yang
siap bersaing dengan internasional. Evolusi itu menang melawan revolusi. Tak
lupa kami hanya bisa mengucapkan terima kasih kepada Bapak/Ibu Guru. Apabila
kami tidak mengikuti kunjugan dengan baik kami mohon maaf.
3.
Narasi/gambar
Gamabar 1.1: foto
bersama guru smk di depan gedung
STIMIK AMIKOM
Gambar
1.2: 100 institusi
selama periode januari- juni 2014 di STIMIK AMIKOM
BAB
III
PELAKSANAAN KERJA
3.1 KEGIATAN PRAKERIN/PKL
3.1 KEGIATAN PRAKERIN/PKL
1. |
12/01/15 |
Pengenalan hadware secara
umum: hardware atau
dalam bahasa indonesia-nya disebut juga dengan nama “perangkat keras” adalah
salah satu komponen dari sebuah komputer yang sifat alat nya bisa dilihat dan
diraba secara langsung atau yang berbentuk nyata, yang berfungsi untuk
mendukung proses komputerisasi.
|
2. |
13/01/15 |
Bongkar pasang pc:yaitu membongkar semua perangkat keras yang ada di
cpu/di pc dan di kembalikan ke semula
lagi.
|
3. |
15/01/15 |
Tes power supply : HUbungkan konektor power dari power supply ke motherboard. Konektor
power jenis ATX hanya memiliki satu cara pemasangan sehingga tidak akan
terbalik. Untuk jenis non ATX dengan dua konektor yang terpisah maka
kabel-kabel ground warna hitam harus ditempatkan bersisian dan dipasang pada
bagian tengah dari konektor power motherboard. Hubungkan kabel daya untuk
fan, jika memakai fan untuk pendingin CPU.
|
4. |
16/01/15 |
belajar corel drow:pengenalan dasar tentang corel. |
5. |
17/01/15 |
belajar menyablon:
Pada tahap ini, alat-alat yang kita butuhkan antara lain:
-screen(yang telah difilm) -minyak cat -cat -meja berkaca -pengunci screen -rakel(alat pengesut) -kertas atau kain. |
6. |
19/01/15 |
Setting dan optimulasi bios: Hidupkan monitor lalu unit sistem. Perhatikan tampilan monitor dan suara
dari speaker.Program FOST dari BIOS secara otomatis akan mendeteksi hardware
yang terpasang dikomputer. Bila terdapat kesalahan maka tampilan monitor
kosong dan speaker mengeluarkan bunyi beep secara teratur sebagai kode
indikasi kesalahan. Periksa referensi kode BIOS untuk mengetahui indikasi
kesalahan yang dimaksud oleh kode beep.
|
7. |
20/01/15 |
Install os (windows dan linux): Setelah kami mencoba merakit computer demi
melancarkan/rakitan kami supaya bisa di operasikan dengan aman dan nyaman
kami memasukan OS yang biasa digunakan oleh masyarakat yaitu Windows 7 dan
linux.
|
8. |
22/01/15 |
Praktek menggunakan aplikasi work exel :di ajari cara mengetik yang benar.
|
9. |
23/01/15 |
desain:di ajari cara mendisen kaos. |
10. |
24/01/15 |
menyablon:
Teknik menyablon memang bukan hal yang bisa dilakukan setiap orang, butuh
keahlian dan latihan agar bisa menyablon dengan benar dan bagus.
|
11. |
26/01/15 |
Pengenalan alat-alat untuk
jaringan: modem adalah suatu rangkaian yang berfungsi
melakukan proses modulasi, yaitu proses “menumpangkan” data pada frekuensi
gelombang pembawa (carrier signal) ke sinyal informasi/pesan agar bisa
dikirim ke penerima melalui media tertentu ( seperti media kabel atau udara),
biasanya berupa gelombang sinus. Dalam hal ini sinyal pesan disebut juga
sinyal pemodulasi. Data dari komputer yang berbentuk sinyal digital dirubah
menjadi sinyal Analog,
|
12. |
27/01/15 |
Setting ulang windows xp lengkap dengan diver |
13. |
28/01/15 |
Pengenalan jaringan ip,sering data |
14. |
29/02/15 |
Paktek jaringan clien server windows 7,xp |
15. |
30/01/15 |
desain |
16. |
31/01/15 |
menyablon:
Penyetingan gambar
Siapkan gambar yang akan di sablon sebelum dicetak sablon, kemudian edit berdasarkan warna masing-masing, dalam hal ini biasanya menggunakan program coreldraw dan photoshop. |
17. |
02/02/15 |
Praktek crimping
,setting,sering data:di ajari cara membuat kabel cross,kabel setraig seting ip,dan sering
data.
|
18. |
03/02/15 |
Install lengkap windows 7,jaringan,seting ip address |
19. |
09/02/15 |
MS office |
20. |
10/02/15 |
Office, partisi ram(miscrosof word) |
21. |
11/02/15 |
Office perumusan(microsof exel) |
22. |
12/02/15 |
Office perkantoan(miscrosof power pain) |
23. |
13/02/15 |
desain:mendisen kaos |
24. |
14/02/15 |
sablon:
Penghapusan film Dibutuhkan
obat pencuci film. Pertama basahi screen dengan air lalu tuang obat pencuci
screen pada screen gosok dengan menggunakan kain spon bilas dan keringkan
dengan dijemur di sinar matahari. Demikianlah tips untuk melakukan sablon
secara manual lain halnya dengan sablon digital, untuk sablon digital, anda
lebih di tuntut mempunyai alat sablon digital yang cukup mahal bagi anda yang
ingin belajar digital prinitng.lebih baik anda mengikuti kursus digital
printing sehingga anda untuk sementara tidak perlu membeli alat -alat sablon,
karena di tempat kursus tersebut telah disediakan.
|
25. |
17-27/02/15 |
instal linux(debian),dan cara mekonfigurasi. |
26. |
04/03/15 |
penutupan:Setelah penutupan selesai di lanjutkan kunjungan ke
Yogyakarta STIMIK AMIKOM.
|
3.1
Pembahasan
· Merakit
personal komputer
· Melakukan
install sistem operasi dasar
· Menerapkan
fungsi peripheral dan instalasi PC
· Mendiagnosis
permasalahan dalam mengoperasikan PC dan Peripheral
· Melakukan
perbaikan dan atau setting ulang PC
· Melakukan
perbaikan peripheral
· Sablon
· Desain
grafis
· Perkabelan
· Kunjungan
DU/ DI di STIMIK AMIKOM Yogyakarta
3.2
Hambatan Dan Penyelesaian
Masalah
yang dihadapi
a.
Komputer tidak konect dengan internet.
b.
Komputer loadingnya lama sekali (lambat)
c.
Monitor tidak bisa menampilkan gambar.
d.
Komputer terserang virus
Cara penecahan masalah
a.
Pertama memeriksa kabel dari HUB yang
menuju ke computer, dan memastikan kabel terpasang dengan benar. Ternyata
kabelnya sudah benar, tetapi komputernya masih belum konek keinternet. Dan
selanjutnya memeriksa alamat IP.
b.
Memeriksa LOCAL DISK C klik kanan lalu
properties untuk melihat apakah space memori, masih banyak atau sudah akan
habis. Ternyata sudah akan habis.
Menghabus sebagian program yang tidak perlu. Tetapi loadingnya masih lama juga. Dan yang terakhir
install ulang computer.
c.
Membuka CPU selanjutnya mengambil RAM
dan mebersihkan RAM menggunakan
penghapus (stip).
d.
Menscan komputer menggunakan antivurus
yang bagus dan dapat menghilangkan virus.
3.3
Rencana Tindak Lanjut
Di setiap sesudah melaksanakan suatu
kegiatan pastinya ada evaulasi, dari evaulasi di sini disebutkan pengembangan
tindak lanjut dari kegiatan yang sudah dilaksankan tersebut. Pengembangan kami
ke depan dari prakerin yang sudah di laksanakan dari prakerin yang sudah
dilaksanakan tahun ini, kami berkeinginan untuk membuka usaha di dalam bidang
komputer, kemudian kami dari sekarang akan berani untuk mencoba
membongkar-bongkar PC. Kami yakin dengan kami mengetahui dasarnya kami bias
mengembangkannya sendiri dengan kemampuan sendiri atau otodidak. Kemudian kami
berharap kepada pihak sekolah ke depannya untuk selalu mengijinkan adik kelas
kami supaya bisa Praktek Kerja Indutri
(PRAKERIN).
BAB IV
PENUTUP
4.1
Kesimpulan
Melalui
praktek kerja ini kami bisa mengetahui seluk beluk dari sebuah komputer dan
jaringan, bukan dari garis besarnya melainkan dari garis kecilya pula,
disamping itu kami juga mendapatkan nilai plus dari kegiatan praktek kerja
industri ini, dimana untuk menjadi pekerja atau wirausahawan yang baik, tidak
hanya ilmu yang cukup saja, melainkan batiniah kita juga harus cukup pula.
Disamping itu wawasan kami juga ditambah dengan kunjungan industri yang
dilakukan di STIMIK AMIKOM YOGYAKARTA, melalui itu semua kami bisa tahu
kehidupan yang ada diluar sana, dan itu memberikan gambaran jikalau kami harus
mempersiapkan diri semaksimal mungkin, dengan adanya kami sebagai santri, kami
berharap bisa menjadi santri yang multidimensi, jadi tidak hanya mahir dalam
ilmu agama, dan berkesinambungan dalam ilmu produktif jua, dengan adanya praktek kerja industri ini
kami terbekali bagaimana menjadi wirausahawan atau pekerja yang tidak terlepas
dari akhlaqul karimah baik itu “li qodim” ataupun “li khadist” terima kasih.
4.2
Saran-Saran
Dalam pelaksanaan Prakerin ini saya
mengambil pengalaman, hikmah dan manfaatnya bagi diri saya sendiri. Saya
berharap semoga laporan ini berguna bagi kita semuanya dan juga yang
membacanya. Adapun saran-saran yang dapat saya kemukakan diantaranya sebagai
berikut :
1.
Disiplin dalam belajar, etika, kesopanan, keterampilan, kejujuran,
ketelitian,dan tanggung jawab harus ditingkatkan atau diperhatikan oleh setiap
pelaksana/pembimbing PRAKERIN
2.
Menjalin hubungan kerja sama yang baik antara atasan dan bawahan merupakan
kunci keberhasilan suatu perusahaan.
Demikian
kami ucapkan terima kasih banyak kepada semua pihak yang telah membantu dan
membimbing dalam pelaksanaan Prakerin, khususnya kepada pembimbing Industri,
semoga kebaikan Bapak/Ibu mendapatkan imbalan dari Allah SWT, Amin.
4.3 Kesan dan Pesan
Kesan
dan pesan dari kami,
1.Semoga
di tahun depan praktek kerja industri dapat berjalan lebih baik. Dan pengawasan
pada anak-anak lebih diketatkan lagi supaya mengikuti bisa mengikuti kerja
industri dengan serius.
2.
Walaupun hanya sekitar 3 bulan mengikuti prakerin, dengan waktu sesingkat
tersebut saya berharap ilmu yang saya dapatkan bisa berguna untuk masa depan.
3.
Dengan berbekal prakerin hari ini di harap bisa memberikan pelajaran untuk masa
depan supaya lebih baik. Terima kasih.
Comments
Post a Comment